Pelaku Perompak Kabur ke Malaysia Melalui Pelabuhan Tikus

Diposting oleh Unknown on Minggu, 31 Maret 2013


BATAM (HK)- Dua dari 7 pelaku perompakan tug boat Pelita II dan kapal Tongkang Olympus di Selat Nenek, Pulau Moro beberapa waktu lalu, dipastikan sudah meloloskan diri ke negeri jiran Malaysia, melalui pelabuhan tikus. Yakni masing-masing berinisial IB dan NU.
Informasi tersebut  diperoleh, setelah tiket milik kedua pelaku tersebut diamankan oleh pihak penyidik Lanal Batam, setelah dilakukan penggeledahan di rumah milik IB dan Nu.

"Keduanya kabur ke Malaysia, melalui pelabuhan tikus bisa juga seperti yang di sebuat dengan jalan tikus (tidak resmi). Hal ini diketahui, setelah kami menunjukkan foto wajah kedua pelaku itu kepada tekongnya. Dan tekongnya mengakui, bahwa keduanya ke Malaysia melalui pelabuhan tikus. Tekong sendiri tidak tahu, kalau penumpang yang dibawanya itu adalah DPO," ujar Danlanal Batam, Kolonel Laut (P), Nurhidayat, Senin (7/1) di Tanjungsengkuang.

Guna mempermudah pengejaran pelaku, lanjut Nurhidayat, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Atase dan juga Polisi Diraja Malaysia (PDM) di Kuala Lumpur dan Johor Bahru.

Selanjutnya, tekong yang di duga meloloskan kedua pelaku tersebut, akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam perkara perompakan.

"Tekong masih sebatas saksi, karena dalam keterangannya ia tidak tahu kalau keduanya saat ini DPO," kata Danlanal.

Dengan demikian, saat ini dua pelaku masing-masing AM dan MU sudah diamankan di Mako Lanal, sementara dua lagi pelaku sudah melarikan diri ke Malaysia, serta  tiga lagi masih buron dan saat ini diminta segera menyerahkan diri.

"Tiga lagi kita minta mereka menyerahkan diri," pungkas Nurhidayat.